Thursday, September 13, 2007

the subject : IT & Society

Matakuliah yang bernama Komputer dan Masyarakat

Komputer dan Masyarakat adalah sebuah matakuliah yang dimaksudkan untuk memberikan pemahaman bagi mahasiswa tentang masalah kemasyarakatan (sosial) yang berkaitan erat dengan perkembangan dan penerapan teknologi informasi.
Matakuliah ini lebih dimaksudkan untuk membangun soft skill mahasiswa.

Nama lain matakuliah ini adalah Sosio Teknologi Informasi.

Ketika program S1 Teknik Informatika hadir di Indonesia diawal tahun 1980-an, matakuliah ini sudah menjadi salah satu matakuliah wajib, namun dalam beberapa waktu kemudian ketika banyak perguruan tinggi swasta juga mulai menyelenggarakan program S1 Teknik Informatika, matakuliah ini sempat dihapuskan.
Dalam kurikulum nasional Teknik Informatika sempat tidak dicantumkan sebagai matakuliah kurnas, sehingga kemudian diberbagai perguruan tinggi tidak lagi dibuka.

Kesadaran akan pentingnya soft skill yang berpadu dengan hard skill, untuk menjadikan sumber daya manusia unggul, menyebabkan matakuliah ini kembali dijadikan matakuliah wajib dalam kurikulum nasional program studi komputer (Informatika, Sistem Informasi dan Sistem Komputer)

Dengan adanya matakuliah ini, secara terstruktur mahasiswa komputer juga dididik untuk membangun kepekaan dan kekritisan terhadap persoalan sosio teknologi informasi.

No comments: