Tuesday, January 27, 2009

A Comparison of the RTU Hardware RTOS with a Hardware/Software RTOS

Ringkasan
( Gabungan )

Suatu sistem komputasi dinamakan real-time jika sistem tersebut dapat mendukung eksekusi program/aplikasi dengan waktu yang memiliki batasan. Dengan kata lain, sistem real-time harus memenuhi kondisi berikut:
  1. Batasan waktu: memenuhi deadline, artinya bahwa aplikasi harus menyelesaikan tugasnya dalam waktu yang telah dibatasi.
  2. Dapat diprediksi: artinya bahwa sistem harus bereaksi terhadap semua kemungkinan kejadian selama kejadian tersebut bisa diprediksi.
  3. Proses bersamaan: artinya jika ada beberapa proses yang terjadi bersamaan, maka semua deadline nya harus terpenuhi.

Dalam jurnal ini, kita akan membandingkan 3 buah RTOS, yaitu :
  • Pure Software RTOS
    Yaitu Jenis Real Time Operationg System (RTOS) yang dalam implementasinya menggunakkan suatu software system operasi murni. Artinya, bahwa ketika proses-proses akan dijalankan maka paket-paket yang dibutuhkan untuk menjalankan proses tersebut di install terlebih dahulu. Semua proses akan dieksekusi di dalam processor
  • Real Time Unit (RTU)
    Merupakan kombinasi dari soft-hard RTOS. Dalam Operating System ini, software dirubah menjadi sebuah chip dengan logika yang sama, sehingga dapat langsung bekerja serta tidak membutuhkan processor karena proses dieksekusi didalam chip tersebut.
  • System On A Chip Lock Cache(SoCLC)
    Merupakan RTOS yang tidak murni menggunakan software. Pada RTOS ini menggunakan chip khusus untuk menangani switching proses. Ada beberapa bagian yang terdiri dari chip khusus.


KINERJA YANG DIUKUR


Kinerja yang diukur dalam perbandingan 3 RTOS ini adalah :
  • 1. Total waktu eksekusi, yaitu waktu yang dibutuhkan pada saat job datang, job eksekusi, sampai job complete.
  • 2. Waktu yang dibutuhkan untuk : a. Komunikasi antar job, jika terjadi komunikasi. b. Pengalihan konteks job
    • Contohnya : Job A menghasilkan suatu message, kemudian job B mengambilnya dan menjalankan perintah di message tersebut.
  • 3. Pengendalian proses-proses konkuren (statis).


HASIL PENGUKURAN

a. Waktu Eksekusi (basis pengukuran adalah Pure SW 0 %)

(satuan = siklus mesin)

b. Banyaknya Interaksi pada Mesin


c. Rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk :

(satuan = siklus mesin)

KESIMPULAN


Dari hasil pengukuran diatas dapat disimpulkan bahwa untuk pengukuran total waktu eksekusi & rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk komunikasi, contrxt switch, dan komputasi yang terbaik adalah dengan menggunakan RTU. Karena dengan RTU, sebagian task bisa dieksekusi pada chip, sedangkan pada Pure SW, semua proses harus dikerjakan di processor. Akan tetapi jika perintah-perintah pada RTOS akan diubah, maka pada RTU harus dibuat ulang, sebaliknya untuk Pure SW hanya mengubah source code dari program aplikasi kemudian di generate ulang

Berikut adalah detil data perbandingan yang didapatkan :


.



No comments: