Tuesday, January 6, 2009

Rekayasa Presiden Ala Informatikawan

Menentukan pilihan untuk menjadi pemimpin Indonesia 2009 - 2014 tentunya bukanlah hal yang mudah. Banyak tokoh dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya, yang mencalonkan ataupun dicalonkan.

Jika pertanyaannya presiden yang kita butuhkan,
- yang seperti apa, atau
- yang bagaimana??

Kalau si Banu bilang saya mau presiden yang gagah berani.. Lah kalau kemudian presidennya gagah berani, dia akan menantangi lawan-lawanya untuk duel??
Kalau Wati bilang aku suka presiden yang bisa kasih makan semua rakyat.. dan sebagainya.

Apakah jawaban dan pilihan tersebut dapat menjawab masalah bangsa ini?

Sebagai orang IT yang terbiasa dengan berbagai istilah IT, barangkali saya akan memilih tahap-tahapan yang terdapat dalam rekayasa perangkat lunak. Dalam hal ini saya akan memilih metodologi waterfall.

Analisis

Didahului dengan survey tentang kondisi Indonesia saat ini, dengan berbagai persoalannya dan lengkap. Tim analis akan mempelajari data tersebut untuk mengidentifikasi berbagai persoalan yang dihadapi negara dan bangsa Indonesia.
Hasil telaah tersebut akan dituangkan dalam suatu dokumen Problem Definition, yang kemudian ditindak lanjuti dengan perumusan Spesifikasi Kebutuhan Presiden Indonesia.

Perancangan

Berdasarkan Spesifikasi kebutuhan Presiden Indonesia selanjutnya akan dirancangkan model presiden Indonesia, yang meliputi
- rancangan sifat dasar dan latar belakang
- rancangan gaya bekerja dan pengelolaan negara
- rancangan hasil bagi pemakmuran dan pensejahteraan bangsa
Pada bagian akhir proses perancangan, akan diidentifikasi kandidat Presiden Indonesia

Coding

Hasil perancangan akan ditindak lanjuti dengan memberi nilai dan bobot sesuai dengan rancangan terhadap semua kandidat dan tidak tertutup kemungkinan kita memunculkan kandidat baru. Hasil akhirnya adalah kompilasi, untuk mendapatkan Presiden dan programnya

Testing


Pada bagian akhir proses rekayasa presiden ini akan diuji untuk mengukur apakah presiden dan programnya sudah memenuhi spesifikasi kebutuhan yang telah dirumuskan.

Selanjutnya mari kita melakukaan Cyber Gathering untuk mengetahui kondisi lengkap Indonesia.



No comments: