Friday, January 30, 2009

MANTIS OS : an Embedded Multithreaded Operating System for Wirelss Microsensors Platform

Apa itu MANTIS OS ?

MANTIS : MultimodAl system for NeTworks of In-situ wireless Sensors.


Multimodal system -> system kompleks / kombinasi ( Sistem Operasi )
Networks of in-situ Wireless Sensors ->

jaringan sensor nirkabel yang bersifat in-situ, yaitu operasi yang terjadi tanpa menyela (interrupt) system dalam keadaan normal.


MANTIS OS : an Embedded Multithreaded Operating System for Wirelss Microsensors Platform

(MANTIS OS : Penggunaan MANTIS OS sebagai sistem operasi multithread untuk perangkat wireless microsensors)

Apa itu Multithread OS ?


Multithread : dalam satu proses terjadi eksekusi thread / proses lebih dari satu pada waktu yang sama.


Wireless Sensor Network (WSN)

Sensor jaringan nirkabel (WSN) adalah jaringan nirkabel yang terdiri dari perangkat khusus yang menggunakan sensor untuk memantau kondisi fisik atau lingkungan, seperti suhu, suara, getaran, tekanan, gerakan atau polusi, di lokasi yang berbeda.
Pengembangan WSN pada awalnya dipakai oleh aplikasi militer seperti survey medan perang. Sekarang banyak digunakan dalam aplikasi umum, termasuk pemantauan di bidang lingkungan hidup dan habitat, aplikasi kesehatan, dan kontrol lalu lintas.


Lightweight MANTIS OS design (MOS)


Jurnal ini menjelaskan MANTIS OS, OS multithreaded yang ringan dan efisien energi untuk perangkat WSN. Saat ini, MOS kernel dapat menjalankan eksekusi penjadwalan secara preemptive multithreaded dengan standar I / O sinkronisasi dan stack protokol jaringan, kurang dari 500 byte RAM, belum termasuk ukuran thread stack individu. Selain itu, MANTIS dirancang untuk memberikan dukungan cross-platform di PC, PDA, sebaik platform perangkat keras mikro Sensor.

Kernel and scheduler
Layanan/service yang diberikan adalah subset dari POSIX (Portable Operating System Interface for UNIX, adalah sebuah standar yang dicetuskan oleh Institute of Electical and Electronics Engineers (IEEE) yang mendefinisikan sekumpulan layanan dalam sistem operasi ) threads, terutama prioritas berdasarkan urutan penjadwalan dengan round-robin semantik dalam prioritas tinggi. Binary (mutex) dan menghitung semaphores juga didukung. Tujuan dari MOS kernel desain adalah untuk mengimplementasikan service-service diatas agar dapat bekerja di perangkat sensor yang terbatas.


Thread and events

2 model ekskusi pada sistem sensor.


Untuk mengilustrasikan bounded buffer produsen-konsumen sebagai masalah Sensor ini berlaku untuk jaringan, Gambar di atas menggambarkan dua tugas yang berpasangan, yaitu produsen dan konsumen, dimana biasanya berbagi buffer antara keduanya. Sebagai produsen menghasilkan data, data ini ditempatkan di buffer antara keduanya. Konsumen mengosongkan buffer kapanpun ketika memiliki kesempatan untuk eksekusi. Jika konsumen tidak dapat dijalankan , dan beberapa produsen terus menambahkan data ke buffer, maka akhirnya akan overflow. hal ini menunjukkan bahwa sistem dengan model thread dapat mencapai kinerja tinggi pada sistem berbasis event untuk aplikasi konkurensi (yaitu proses-proses yang ada pada waktu bersamaan, bisa bersifat independen atau saling berinteraksi). TinyOS adalah standar OS yang berbasis event untuk perangkat jaringan sensor. Perancang TinyOS yakin bahwa pendekatan berbasis event mampu menciptakan sistem yang hemat energy selama proses blocking dan polling (pengambilan sampel status perangkat eksternal oleh sebuah program klien sebagai kegiatan sinkronisasi) dilakukan oleh event tersebut. OS MANTIS multithreaded berusaha untuk memberikan jalan untuk mengembangkan Sensor sistem untuk mendukung tugas-tugas yang semakin kompleks, dimana pada saat yang sama terdapat kendala sumber daya dan energi memori pada jaringan sensor. Time-slice multithreading menawarkan preemption otomatis, yang memiliki keuntungan dimana satu segmen kode aplikasi tidak dapat memblokir eksekusi proses yang lain. Hal ini penting dalam sistem Sensor, dimana ketika memblokir seksi kritis tertentu, seperti pengolahan paket jaringan, dapat mengakibatkan overflow jaringan buffer ketika mengerjakan tugas-tugas yang cukup lama sedangkan RAM buffer sensor yang tersedia cukup kecil.


Kesimpulan


MANTIS system menyediakan kemampuan baru
- Ringan, multithreaded, cross-platform OS dan network
- Flexible single-board hardware platform

- Mudah mengintegrasikan jaringan sensor dengan aplikasi lain.

MANTIS adalah sistem operasi WSN yang mudah digunakan
- Penggunaan Bahasa dan API yang familiar
- Power management tools

1 comment:

Anonymous said...

Misters
I used this cool software DRM-removal and used it for removing drm from itunes protected musics a years ago, it did it well, btw. Then I bought mp3 player and it could't play my wma files so I decided to [url=http://drm-removal.com]convert wma to mp3[/url] with drm-removal. It works perfect! Just some moves, you only need to click "Add" button and choose the folder of wma files. They will convert all the files in parallel at a really high speed. If you have the same problem and need to convert wma to mp3, you should try drm-removal!
I am big fan of audiobooks and actually wonder, if it legal. I bought a book (now its mine!) from napster, but may be its drm and I can't copy it to my MP3 player!! Thats dick!! I can remove drm - but what about legacy?

thanks in advance!